Pengertian Domain dan Penjelasan Detailnya

pedialuqman.blogspot.com | Pengertian Domain serta Penjelasan Detailnya

Assalamualaikum warahmatullahi wa'barokatuh , kembali lagi dengan saya Luqmanul Hakim selaku penulis blog LuqmanPEDIA ini , kali ini saya akan membahas di artikel sederhana ini tentang : Pengertian Domain dan Penjelasan Detailnya


Oke yuk simak artikel nya dan jangan lupa siapkan segelas Kopi untuk memelekkan mata yang sudah redup :v agar bisa lebih fokus untuk membaca artikel LuqmanPEDIA ini.

Domain adalah nama unik yang mengidentifikasi situs web. Contohnya “domain.com”. Setiap situs web memiliki nama domain yang berfungsi sebagai alamat, yang digunakan untuk mengakses situs.

Saat Anda mengakses situs Web, nama domain sebenarnya diterjemahkan ke alamat IP, yang menentukan server tempat situs Web berada. Terjemahan ini dilakukan secara dinamis oleh layanan yang disebut DNS.

Setiap kali Anda mengunjungi situs web, nama domain muncul di bilah alamat browser. Beberapa nama domain dimulai dengan "www" (yang bukan bagian dari nama domain), sementara yang lain mengabaikan awalan "www". Semua nama domain memiliki akhiran domain, seperti .com, .net, atau .org.

Akhiran domain membantu mengidentifikasi jenis situs web yang diwakili oleh nama domain. Contohnya, nama domain ".com" umumnya digunakan oleh situs web komersial, sedangkan situs ".org" sering digunakan oleh organisasi. Beberapa nama domain diakhiri dengan kode negara, seperti ".id" (Indonesia) atau ".us" (United States), yang mengidentifikasi lokasi dan audiens situs web.

Nama domain relatif murah untuk didaftarkan, meskipun harus diperbarui setiap tahun atau setiap dua tahun. Berita baiknya adalah setiap orang dapat mendaftarkan nama domain. Jadi Anda dapat membeli nama domain unik untuk blog atau situs web Anda. Berita buruknya adalah bahwa hampir semua nama domain dengan kata-kata umum telah terdaftar.

Setelah Anda memilih nama domain dan mendaftarkannya, itu milik Anda sampai Anda berhenti memperbaruinya. Jika Anda tidak memperbarui nama domain Anda, nama domain menjadi tersedia untuk pengguna lain.