Selasa, 03 Desember 2019

Tips Memilih Makanan Sehat Khusus Ibu Hamil Muda

Tips Memilih Makanan Sehat Khusus Ibu Hamil Muda


Setiap ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Seperti memilih makanan yang mengandung asam folat untuk memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan karena berperan penting pada kesehatan ibu hamil dan janin.

Jumlah kebutuhan kalori untuk ibu hamil disesuaikan dengan usia kehamilannya yakni trimester pertama dan kedua ibu hamil, atau enam bulan pertama kehamilan, dianjurkan mengonsumsi kalori sebanyak 2.000 kalori per hari. Berikut beberapa tips memilih makanan sehat khusus ibu hamil muda.

Sereal

Sebenarnya bukan hanya ibu hamil saja yang menyukai jenis makanan yang baik untuk ibu hamil usia 1 bulan ini. Akan tetapi secara umum sereal memang menjadi salah satu jenis makanan yang lezat. 

Dengan memenuhi asupan gizi dipagi hari, seorang ibu hamil dapat mengurangi rasa mual dan juga muntah dipagi hari atau yang bisa disebut dengan istilah morning sickness. Sereal ini memiliki beberapa kandungan mineral dan juga vitamin yang sangat baik serta menjadi kebutuhan nutrisi janin yang ada di dalam kandungan.

Produk Olahan Susu

Makanan yang baik berikutnya yaitu susu. Seorang ibu hamil akan mendapatkan banyak manfaat jika mngkonsumsi susu. Tidak hanya untuk kesehatannya sendiri, namun juga bermanfaat juga kepada sang janin. 

Susu dinilai sangat bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan baru pada tubuh janin dan juga bisa membantu memperbaiki jaringan yang rusak pada janin. Susu mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk melancarkan perkembangan janin.

Buah dan Sayur

Ketika usia kehamilan kamu masih menginjak usia trimester pertama, vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam memerangi berbagai serangan penyakit. 

Nah, vitamin C ini bisa kamu dapatkan dari beberapa jenis buah yang menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Bukan hanya buah, tetapi kamu juga membutuhkan zat-zat penting lainnya seperti zat besi yang bisa membantu kamu menurunkan risiko terkena anemia atau kekurangan sel darah merah. Zat tersebut bisa kamu dapatkan dari jenis-jeni sayuran hijau.

Ikan

Beberapa jenis seafood atau makanan laut termasuk ikan sangat disarankan bagi ibu hamil, karena ikan juga menjadi salah satu jenis makanan yang baik dan mengandung asam lemak omega 3. 

Zat tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pembentukan dan perkembangan otak janin. Akan tetapi untuk beberapa jenis ikan tertentu, kamu juga harus menghindariya karena terdapat kandungan merkuri dan juga lemak jenuh yang justru bisa mengganggu kesehatan tubuh kamu.

Kacang-Kacangan

Jika kamu adalah tipe orang yang suka ngemil saat mengisi waktu-waktu kosong kamu, maka kamu mungkin perlu mengganti jenis makanan yang kamu konsumsi dengan beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak asam folat dan juga vitamin B. 

Kacang-kacangan adalahi salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan karena kandungan gizinya cukup membantu perkembangan sitem saraf pada bayi. Ikan hanya untuk bayi atau janin yang ada di dalam kandungan, tetapi jenis kacang-kacangan tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan energi dan sistem imun sang ibu.

Air dan Vitamin

Selanjutnya adalah air putih dan juga tambahan vitamin yang berfungsi untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Jika selama awal kehamilan kamu sering mengalami mual dan muntah, maka disarankan supaya kamu lebih banyak mengonsumsi air putih yang sudah dicampurkan dengan sari buah tanpa gula. Tidak hanya asupan air saja yang harus tercukupi, tapi asupan vitamin juga sangat penting.


0 komentar:

Posting Komentar