Jumat, 27 Maret 2020

Cara Mengatasi Actinic Keratosis yang Bisa Anda Lakukan

Cara Mengatasi Actinic Keratosis yang Bisa Anda Lakukan


Masalah kulit banyak sekali jenisnya dan tentunya juga mempunyai cara sendiri untuk dapat mengatasi masalah kulit yang dialami. Salah satu masalah kulit yang bisa dialami adalah Actinic Keratosis atau juga bisa disebut Solar keratosis. Masalah kulit ini adalah ketika kondisi kulit yang menjadi kasar, bersisik, dan juga menebal yang dapat terjadi karena terkena paparan sinar matahari yang terlalu lama. Masalah kulit ini juga membuat kulit menjadi kemerahan dan kecoklatan selain mempunyai kulit kasar seperti kutil. Masalah kulit ini terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun, terpapar sinar matahari tanpa menggunakan sunblock, mempunyai jenis sensitif, dan juga mempunyai sistem imun tubuh yang lemah.

Masalah kulit ini sendiri tidak terjadi secara permanen karena bisa hilang sendiri tanpa menggunakan obat-obatan. Anda juga bisa untuk melakukan pencegahan agar tidak terkena masalah kulit ini dengan cara menggunakan tabir surya dan juga pelembab agar dapat menjaga kulit tetap sehat dan kondisi yang dialami tidak menjadi lebih parah. Akan tetapi, apabila kasus yang dialami sudah parah, maka Anda juga penting untuk melakukan langkah pengobatan yang tepat. Adapun untuk beberapa cara pengobatan untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini adalah dengan langkah berikut:

1. Menggunakan obat-obatan

Cara pertama adalah dengan menggunakan obat-obatan yang akan ampuh untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini. Ada beberapa obat solar keratosis yang bisa dipilih dan bisa menggunakan resep dokter sehingga dapat untuk mendapatkan manfaat yang terbaik dan bisa memberikannya dalam dosis yang tepat. Jenis obat yang paling umum dan dapat dipilih adalah bentuk obat topikal atau obat oles. Tetapi Anda juga bisa memilih obat bentuk krim dan gel yang bisa dipilih seperti misalnya obat gel aniinflamasi nonsteroid, krim fluorouracil, obat oles asam salisilat, dan juga krim imiquimod. Anda bisa memilih jenis obat yang paling efektif untuk dapat menghilangkan kondisi yang terjadi pada permukaan kulit ini.

2. Melakukan terapi

Langkah pengobatan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ssolar keratosis ini adalah dengan menggunakan terapi. Hal ini merupakan langkah yang dapat diambil untuk dapat menyembuhkan masalah kulit ini dengan lebih cepat dan juga menggunakan tenaga ahli. Sehingga untuk terapi yang dilakukan adalah prosedur yang aman digunakan dan dilakukan oleh dokter. 

Cara terapi yang bisa dilakukan adalah terapi PDT atau phoitodynamic yang akan mengoleskan bahan kimia ke kulit dan dokter akan menggunakan lampu khusus yang dapat menghancurkan penyebab masalah kulit yang dialami. Terapi ini mempunyai beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah melewati prosedurnya yaitu membuat kulit tampak kemerahan, pembengkakan, dan juga membuat kulit seperti terbakar.

3. Krioterapi

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah kulit ini adalah krioterapi. Prosedur ini juga dilakukan oleh dokter dengan cara menggunakan cairan nitrogen. Proses ini mempunyai manfaat dapat untuk membekukan dan kemudian baru mengangkat kulit yang bermasalah. Proses ini juga mempunyai efek samping yang dapat membuat kulit melepuh, muncul jaringan parut, hingga kulit mengalami infeksi.

4. Operasi

Cara pengobatan terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit actinic keratosis ini adalah dengan tindakan operasi. Hal ini dilakukan ketika kasusnya sudah parah dan dapat dilakukan oleh dokter. Teknik yang dapat dilakukan adalah dengan teknik scraping untuk mengangkat sel kulit yang rusak dengan alat kuret dan selanjutnya adalah tindakan electrosurgery yang dapat untuk membunuh jaringan tubuh yang mengalami infeksi.


0 komentar:

Posting Komentar