Tips Penting bagi Pengguna ponsel untuk Merawat Kesehatan Mata



menatap ponsel atau tablet selama berjam-jam bisa mengganggu kesehatan mata.. bagaimana kita menyikapinya?

Mata merupakan organ vital pada manusia, mata sangat penting bagi kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Namun tidak semua orang memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata sebenarnya merupakan hal yang cukup mudah untuk kita lakukan.

Gangguan pada mata tidak berkaitan dengan hilangnya nyawa seseorang, namun saat mata mengalami gangguan maka akan berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Aktifitas sehari-sehari akan menjadi sangat terganggu saat kita mengalami gangguan pada mata. 

Tahukah kamu menatap telepon selular atau computer dapat mempengaruhi kesehatan mata. Pada dasarnya, berfokus pada objek yang sama, menatap ke satu arah secara terus-menerus dan dalam jarak sama dapat membawa efek buruk pada otot-otot mata, Kebiasaan sehari-hari ini seringkali secara tanpa sadar sering mempengaruhi kesehatan mata kita, dan bisa merusak penglihatan. 

Profesor Chris Lohmann yang bekerja di rumah sakit Universitas Teknik M√ľnchen, Jerman, mengatakan kebiasaan ini meningkatkan risiko berkurangnya ketajaman penglihatan jarak jauh.

"Biasanya, kita mengedipkan mata setiap 10 detik. Tapi jika menatap layar, kita hanya kedip setiap 30 atau 40 detik," ujar Profesor Chris Lohmann.

Berkurangnya refleks berkedip membuat mata lelah. Lapisan air mata terkoyak, dan mata mulai terasa gatal atau kering. Mata pun kehilangan kemampuan untuk berfokus.

Sobat, ternyata kebiasaan melihat dekat dengan menggunakan gadget, berisiko terhadap mata lelah yang bila dilakukan terus menerus akan berisiko terhadap gangguan penglihatan. Berikut tips bagi sobat CERDIK semua tips untuk menjaga kesehatan mata.

Beberapa tips menjaga kesehatan mata

1.Jaga jarak pandang 

Pada saat menggunakan gawai, pastikan kamu tetap menjaga jarak pandang yang aman yakni sekitar 40–50 centimeter dari layar. Dengan menjauhkan mata dari layar gawai, maka paparan cahaya yang diterima mata dari layar gawai dapat berkurang.

2.Kurangi kecerahan layar 

Adapun tips menjaga kesehatan mata di era digital lainnya ialah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar pada gawai yang sedang digunakan. Hal ini juga dapat membantu mata agar tidak cepat lelah akibat paparan cahaya dari layar gawai atau ponsel pintar.

3.Melakukan rule 20 : 20 : 20 saat menggunakan gadget  

Penggunaan gadget terlalu lama dapat meningkatkan resiko kerusakan pada mata, hal itu dikenal dengan Computer Vision Syndrome (CVS). CVS ini dapat menyebabkan mata kering, sakit kepala, serta nyeri leher. Untuk mencegah hal tersebut dapat melakukan tips 20 : 20 : 20, yaitu mengalihkan pandangan setelah menatap layar selama 20 menit, sejauh 20 kaki atau 6 m, alihkan pandangan selama 20 detik.

4.Relaksasi mata 

Selain itu, untuk mengurangi beban kerja mata, kamu juga dapat melakukan relaksasi mata dengan cara menggosok-gosok kedua tangan. Lalu meletakkan hangatnya tangan di atas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis.

5.Harus bisa membatasi waktu

Jadi meski sudah melakukan hal-hal di atas, tetapi jika kamu bermain gawai cukup lama, maka hal itu juga sama saja tidak ada artinya. Maka dari itu, durasi penggunaan gawai dapat dibatasi maksimal selama 2 jam, kemudian istirahat selama 10 menit sampai 15 menit. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan ponsel untuk kesehatan mata, Anda bisa mengunjungi website di pafiblambanganumpu.org

Para pengguna gadget… Ingat untuk tetap menjaga kesehatan mata, untuk mencegah gangguan penglihatan.