Minggu, 05 Januari 2020

Jangan Panik, ini Dia Cara Mengatasi Alergi pada Anak yang Harus Anda Tahu

Jangan Panik, ini Dia Cara Mengatasi Alergi pada Anak yang Harus Anda Tahu

Memiliki anak berusia balita memang menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Ya, seperti yang diketahui, bayi masih sangat sensitif sehingga rentan menjadi sasaran virus atau bakteri. Berangkat dari sinilah Anda dituntut untuk selalu memastikan bahwa anak tumbuh di lingkungan yang bersih, mengonsumsi makanan sehat, mengenakan pakaian yang bersih dan lainnya. Anda juga disarankan untuk melakukan tes alergi anak guna memastikan anak tidak memiliki alergi.
 
Mengatasi alergi pada anak
 
Akan tetapi, jika gejala alergi muncul sebelum sempat melakukan tes alergi, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera mengatasi alergi pada anak. Jika Anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara mengatasinya, mari simak ulasan berikut ini.
 
1. Membuka jendela di pagi hari
 
Tidak perlu membuat ramuan khusus untuk bayi, Anda hanya perlu melakukan hal sederhana seperti menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan agar selalu bersih. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka jendela dan membiarkan pertukaran udara berlangsung.

2. Menjaga kebersihan lingkungan/rumah
 
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan rumah. Anak-anak memiliki kecenderungan menghabiskan banyak waktu untuk mengeksplor rumah dan seisinya untuk bermain. Jadi tidak heran apabila debu dan kuman dapat menempel dimana saja dan menyebabkan alergi pada tubuh si kecil. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan rumah maupun isinya, terutama mainan si kecil.

3. Mengatur suhu ruangan
 
Perlu diketahui bahwa semakin dingin temperatur suatu ruangan, maka bukan semakin baik untuk kesehatan Anda dan anak. Suhu normal yang disarankan dalam sebuah ruangan adalah 20 derajat. Dengan demikian jamur tidak mudah tumbuh di dinding rumah Anda.

4. Penanganan khusus
 
Apabila alergi memunculkan reaksi ruam, gatal, dan kemerahan, maka pertolongan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengoleskan bedak yang diformulasi khusus untuk mengatasi gatal dan lainnya. Namun jika usai diberi bedak belum ada perubahan positif, ada baiknya Anda segera mengajak untuk melakukan pemeriksaan medis.

Demikianlah 4 hal yang bisa Anda lakukan guna mengatasi alergi pada anak. Apabila alergi sudah sembuh, upayakan untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan alergi agar anak tidak kembali mengalami alergi.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat ya!


0 komentar:

Posting Komentar