Sabtu, 25 Mei 2019

Mengenal Teknik Tenis Meja

pedialuqman.blogspot.com | Mengenal Teknik Tenis Meja
Assalamualaikum Warahmatullahi Wa'barokatuh , selamat pagi , siang , sore dan malam sobat LuqmanPEDIA :) . Saya Luqmanul hakim selaku penulis LuqmanPEDIA mengucapkan terimakasih sudah mampir ke blog saya dan sudah bisa meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini yang akan saya bahas :) Yupsss kali ini LuqmanPEDIA akan memberikan artikel tentang olahraga tenis meja , kali ini LuqmanPEDIA tidak cukup panjang lebar juga membuat artikel nya yaah :v masih banyak blog yg harus saya urus juga .  Oke langsung ajah ke materi artikel nya : Mengenal Teknik Tenis Meja

Apa sih itu Tenis Meja / Definisi Tenis Meja ?

Tenis Meja / Di kenal sebagai ping-pong adalah suatu olahraga raket yang dimainkan dua orang atau dua pasang yang berlawanan.

Bagaimana sih Teknik Permainan Tenis Meja ini ?

Teknik Dalam Permainan Tenis Meja mempunyai tahap-tahap nya , tahap-tahap  Teknik Dalam Permainan Tenis Meja sebagai berikut :

1. Teknik Memegang Bet

Memegang Bet biasa dikenal juga dengan sebutan Teknik Grip. Teknik Grip / Memegang BET ping-pong mempunyai Tiga Gaya / Style yang umum digunakan oleh para petenis meja didunia , Yaitu : Shakehand Grip , Penholder Grip , dan Seemiller Grip.


  • Shakehand Grip

    Shakehand Grip atau dalam berbahasa Indonesia nya berjabat tangan Adalah teknik menggunakan Bet seakan akan sedang berjabat tangan dengan orang lain. Pegangan Shakehand Grip ini sangat populer terutama di negara-negara Eropa atau negara Barat. Dengan pegangan ini, seorang pemain tenis meja dapat menggunakan kedua sisi Bet.

    Cara Melakukan Teknik Shakehand Grip cukup mudah , antara lain : 

    #1. Bidang Bet bersandar pada lekuk antara ibu jari dan jari telunjuk.
    #2. Kuku ibu jari tegak lurus dengan permukaan bet.
    #3. Jari telunjuk berada dibawah pada permukaan bet.
    #4. Untuk memperkuat / memperkeras pukulan Forehand, putar bagian atas Bet ke arah lawan atau pemain.
    #5. Untuk memperkuat / memperkeras pukulan Backhand, putar bagian atas Bet menjauh dari anda, seperti halnya cara berjabat tangan.


    • Penholder Grip



    Yupsss, Penholder grip atau dikenal dengan bahasa indonesia nya pegangan tangkai pena atau dikenal juga sebagai pegangan Asia, walaupun akhirnya pemain Asia banyak yang menggunakan pegangan Shakehand. Pada pegangan Asia ini hanya satu sisi Bet yang dapat digunakan oleh pemain.

    Bagaimana cara memegang Bet dengan gaya Penholder Grip ? Berikut cara memegang Bet dengan gaya Penholder Grip : 

    #1. Peganglah bet dengan mengarahkan kebawah dengan pegangannya diarahkan keatas, pegang bet tepat dimana pegangan menyatu dengan bidang bet dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk (Cara ini sama dengan halnya kita memegang Pena).

    #2. Tekuk tiga jari yang lainnya pada sisi bet yang lain (Penholder Grip Gaya/Style China)
    Atau meluruskannya mengarah ke bawah bagian bet dengan jari yang dirapatkan (Penholder Grip Gaya/Style Korea).


    • Seemiller Grip


    Seemiller Grip atau juga dikenal dengan sebutan American Grip adalah teknik menggunakan Bet yang diambil Teknik Shakehand Grip. Kelebihannya antara lain adalah memberikan kesempatan pada pemain lawan untuk melakukan blok yang baik.

    Penggunaan Bet juga hampir sama dengan teknik Shakehand Grip. Perbedaannya, bila dengan teknik Seemiller grip ini, jari telunjuk memegang pada seluruh bagian bet, sedangkan pada bagian bet yang atas diputar 20 sampai 90 derajat menujuh arah tubuh/badan kita.

    Cara Memegang bet dengan teknik Seemiller grip ini, antara lain :

    1. Pegang bet seperti hal nya dengan teknik Shakehand Grip.
    2. Putar bagian atas Bet dari 20 menjadi 90 derajat ke arah badan/tubuh kita.
    3. Lekuk jari telunjuk di sepanjang sisi bet.
    Nah selesai, Seemiller Grip adalah pegangan yang diciptakan oleh Danny Seemiller (USA) pada tahun 1970-an. Dimana ibu jari dan telunjuk tempatkan dibagian belakang raket, dan hanya sisi forehand raket yang digunakan.

    2. Teknik Servis

    Servis adalah memukul bola atau menyajikan bola pertama. Ada beberapa teknik servis dalam permainan tenis meja, Yaitu : Servis Forehand topspin, Servis Backhand topspin, servis Backhand backspin, dan Forehand backspin.

    Topspin merupakan arah putaran bola (dimana bola berputar searah jarum jam). Backspin merupakan arah putaran bola juga (bola berputar berlawanan jarum jam).

    #1. Servis Forehand topspin

    Untuk melakukan Forehand topspin pemain berdiri dengan sikap persiapan di meja bagian kanan dan menghadap ke sektor kiri meja lawan. Tangan kanan memegang bet berada di kanan badan dengan siku ditekuk sebesar 90 derajat. 

    Telapak tangan kiri memegang bola. Bola dilambungkan setinggi 16cm, kemudian dipukul menggunakan Bet. Usahakan pantulan bola tidak begitu tinggi dari net yang dipasang.

    #2. Servis bakchand topspin

    Untuk melakukan backhand topspin pemain berdiri ditengah meja dengan sikap persiapan. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkannya ke pinggang sebelah kiri. Telapak tangan kiri memegang bola.

    Lambungkan bola setinggi 16cm, lalu pukul dengan menggunakan bet. Usahakan bola tidak terlalu tinggi dari net sehingga pantulan dari bola di meja lawan tidak begitu tinggi.

    #3. Servis backhand backspin

    Untuk melakukan backhand backspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkannya ke pinggang sebelah kiri. Telapak tangan kiri memegang bola.

    Lalu lambungkan bola setinggi 16cm, lalu pukul menggunakan bet. Gerakan bet ke depan condong turun kebawah. Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net, sehingga pantulan dari bola dimeja lawan pun tidak begitu tinggi.

    #4. Servis forehand backspin

    cara melakukan forehand backspin (nama lainnya adalah forehand chop)

    Persiapan dalam melakukan pukulan forehand chop sama untuk melakukan pukulan forehand, tapi posisi bet agak terbuka. Gerakkan bet ke depan condong ke bawah. Usahkan kontak dengan bola terjadi di depan kanan badan. Perkenaan bola pada sisi bet depan agak bawah dan perkenaan pada bola pada sisi bawah bola. 

    Cukup sampai disini ajah dulu .

    Terimakasih.

    0 komentar:

    Posting Komentar