Jumat, 31 Mei 2019

Bahagia itu sederhana kok, bersyukur adalah kunci bahagia

Semua orang didunia ini pasti ingin sekali hidup bahagia, siapa yang tidak mau punya rumah mewah, mobil mewah, puny bisnis besar, punya aset berlimpah. 

Tapi apakah benar kalau bahagia itu hanya bisa diraih dengan kemewahan dan gemerlap harta? Kalau memang benar maka hanya sedikit orang yang bisa merasakan indahnya kebahagiaan. 

Source Images : pedialuqman.blogspot.com


Untungnya kebahagiaan itu tidak hanya dari sisi kemewahan saja, tapi memang benar itu bisa bikin orang bahagia, namun tidak mutlak sifatnya. 

Terkadang kemewahan bisa membuat orang bahagia, tapi tak jarang bisa juga membuat orang gelisah dan tidak bisa mengundang kebahagiaan. 

Betapa banyak orang yang punya harta berlimpah namun tidur tidak tenang karena was was akan kehilangan hartanya, khawatir ditangkap KPK karena hartanya dari hasil korupsi, was was kalau suatu hari bisnisnya bankrut. 

Betapa banyak orang kaya yang dibikin susah oleh anaknya yang terjerat narkoba, dan kenakalan remaja. 

Kesederhaan tidak selalu hidup apa adanya dan serba pas pasan, namun tidak sedikit orang yang merasa bahagia hanya dengan kesederhaan yang mereka dapat. Betapa banyak orang yang dapat tertawa lepas hanya dengan bercanda bersama anak istrinya.

Betapa banyak orang yang makan dengan lahapnya di warung tegal. Betapa banyak orang yang gembira walau hanya dengan keliling keliling pakai motor butut. Ketika kita kecil kita bermain dengan teman teman sebaya, hanya bermain permainan tradisional, main sepakbola, 

main lumpur disawah, tapi perasaan kita sangat bahagia. Banyak sekali contoh contoh kebahagiaan yang diperoleh dengan cara cara yang sederhana.

Lalu apa sih hakekat sebenarnya dari kebahagiaan? Kemewahan atau kesederhanaan? Sebenarnya kebahagiaan itu bisa didapat dalam kondisi apapun, 

tergantung bagaimana kita menyikapinya. Tergantung bagaimana kita apakah bersyukur atau mengeluh. Menerima atau menolak.

Orang yang ditakdirkan Allah untuk punya harta yang banyak dari hasil usaha yang baik pula, jika ia bersyukur dan berbagi dengan orang lain yang membutuhkan, 

maka ia akan mendapatkan kebahagiaan yang hakiki dan akan ditambah kenikmatannya oleh Allah. 

Orang yang ditakdirkan Allah hanya hidup dengan sederhana dan pas pasan, jika ia bersyukur dan sabar dalam menjalaninya, 

maka ia akan merasakan kebagiaan yang sesungguhnya dan Allah akan menambah nikmatnya dan menaikkan derajatnya.

Jadi sikapilah kemewahan dan kesederhaan itu dengan rasa syukur akan nikmatNya.

Sekian tulisan Saya LuqmanPEDIA ini, semoga bermanfaat untuk semuanya.

Dukung terus blog LuqmanPEDIA ini dengan cara share artikel ini dan FOLLOW juga blog ini, ada pojok kiri bawah, tekan tombol follow/ikuti login dengan email google kalian ya

0 komentar:

Posting Komentar