Kamis, 23 Mei 2019

6 Cara Menyembuhkan Batuk Berdarah, Berdahak dan Kering dengan Mudah


Sebelum mengetahui cara menyembuhkan batuk berdarah, ada baiknya anda tahu lebih dulu apa itu batuk. Batuk merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh pada saluran pernafasan dan juga merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi yang ada pada tenggorokan, yang diakibatkan karena adanya asap, debu, lendir, makanan dan lain-lainnya.


Harus diingat juga, bahwa batuk bukan merupakan suatu " penyakit " yang sampai saat ini banyak diantara kita yang mengira batuk itu adalah suatu jenis penyakit. Ada beberapa bentuk batuk yang sering dialami, mulai dari berdahak, berdarah, kering, pilek dan jenis batuk yang lebih kronis lainnya. Untuk mengobatinya secara mudah dan tentunya alami, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah tanpa harus ke dokter terlebih dahulu.

Cara ini terbukti ampuh untuk mengobati batuk dan menyembuhkannya. Untuk itu langsung saja kalian simak penjelasannya di bawah :


  • 1. Makan Buah Nanas

Nanas mungkin bisa menjadi buah yang menyehatkan sekaligus menjadi cara menyembuhkan batuk berdahak dengan mudah. Nanas mengandung bahan aktif yang disebut Bromelain. Bromelain dapat bekerja untuk mengurangi rasa mual, muntah dan batuk yang terjadi. Efek dari Bromelain ini juga dapat membantu menghilangkan lendir dari saluran pernapasan. Untuk mendapat efek ini, maka anda bisa mengonsumsi nanas secara langsung atau dengan mengolahnya menjadi minuman sirup nanas. Tapi pastikan terlebih dahulu untuk tidak memilih jenis sirup yang mengandung bahan-bahan pemanis yang dapat memperparah batuk anda.


  • 2. Minum segelas Teh Hijau

Jika anda sudah merasa sangat lelah untuk menghadapi batuk, apalagi batuk berdarah, maka cobalah dengan meminum segelas teh hijau. Teh hijau terbukti sangat baik untuk membantu melegakan pernafasan dan menyembuhkan batuk. Selain itu, teh hijau juga kaya akan antioksidan alami yang bisa membantu menjaga tubuh agar lebih sehat. Bahan antioksidan alami pada teh hijau ini juga bisa membantu tubuh untuk melawan infeksi dari bakteri atau virus yang menyebabkan batuk. Cukup tambahkan satu sendok madu untuk segelas teh hijau agar tubuh anda menjadi lebih segar. Tapi perhatikan untuk tidak minum teh hijau ketika malam hari atau menjelang tidur, karena mengandung katekin yang bisa menyebabkan anda sulit untuk tidur.


  • 3. Minum Madu secukupnya

Ada banyak cara atau langkah yang harus dilakukan untuk membantu meredakan dan menyembuhkan batuk dengan mudah. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi satu atau dua sendok madu sebelum kalian tidur. Madu mengandung sumber mineral dan vitamin yang bisa menjadi bahan antioksidan alami. Madu juga bisa membantu tubuh dalam mendapatkan sistem kekebalan yang lebih baik bagi tubuh. Biasanya cara ini lebih efektif untuk menyembuhkan batuk pada anak, namun juga bisa diterapkan untuk orang dewasa dan untuk para orang tua. Perhatikan terlebih dahulu madu yang kalian gunakan, patikan itu jenis mad lu asli yang alami, sebab jika madu yang palsu biasanya mengandung bahan pemanis yang justru bisa menyebabkan batuk berdarah, berdahak atau kering kalian tambah parah.


  • 4. Minum banyak air putih

Ketika batuk, maka biasanya ada sebagian air yang keluar dari tubuh. Batuk juga akan membuat tubuh menjadi semakin lemah apalagi jenis batuk kering, karena akan kehilangan tenaga untuk batuk. Saat batuk maka badan menjadi tidak nyaman karena mengeluarkan keringat dan rasa lelah yang berlebih. Tekanan yang ada pada bagian tenggorokan dan perut saat batuk bisa menyebabkan terjadinya mual. Untuk mengatasi hal ini, maka anda bisa minum air putih. Usahakan untuk minum air putih lebih sering. Air sangat penting untuk melawan virus dan bakteri yang berada pada bagian tenggorokan. Selain itu, air putih juga akan langsung meredakan dan menyembuhkan batuk karena alergi atau penyebab lainnya.


  • 5. Mandi uap dengan air hangat

Jika anda merasa sangat lelah dan batuk yang sangat menguras tenaga, maka anda bisa mencoba untuk mandi dengan menggunakan air hangat. Uap dari air hangat akan membantu mengeluarkan air lendir dari hidung dan tenggorokan. Cara ini juga terbukti sangat baik untuk anda yang memang menderita batuk karena flu atau alergi. Anda bisa menambahkan minyak aroma terapi untuk membuat aroma uap tersebut bisa membantu melegakan saluran pernafasan. Untuk menghindari efek samping ini, maka usahakan untuk tidak berendam dalam air hangat atau menghirup uap dalam waktu yang terlalu lama.


  • 6. Dengan teh dari akar manis

Beberapa jenis batuk ringan seperti karena flu dan kelelahan juga bisa disembuhkan dengan teh dari akar manis. Akar manis merupakan tumbuhan khusus yang sering di gunakan sebagai bahan herbal untuk menyembuhkan batuk. Senyawa yang terkandung dalam akar manis bisa membuat pernafasan menjadi lebih lega dan membuat rasa gatal di tenggorokan juga hilang, anda mungkin pernah mendengar nama lain akar manis yaitu liquorice. Bahan ini juga sering digunakan dalam pembuatan permen pelega tenggorokan.

Untuk membuat teh akar manis, maka anda bisa merebus bahan akar manis yang sudah dibersihkan dengan air mineral. Setelah mendidih, maka tuang dalam cangkir ataupun gelas dan campurkan satu sendok madu.

Jika batuk yang kalian alami tidak berhenti setelah melakukan cara yang kami berikan diatas, barulah kalian bersegera ke dokter untuk mengatasi dan menyembuhkannya sebelum batuk anda tambah parah. 

Itulah beberapa Cara Menyembuhkan Batuk Berdarah, Berdahak dan Kering dengan Mudah yang dapat kami berikan, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar